Ladida Cafe

Web News and Unique News | Tips and Tricks

Kode Udara Polisi

Kode Udara PolisiKode udara polisi memang sulit dimengerti bagi orang-orang biasa, bahasa yang biasa diucapkan untuk saling berkomunikasi dengan partner polisi lain.

Pernah saya ketika berjalan-jalan dan tidak sengaja mendengar omongan seorang polisi melalui HT (handy talky) yang sedang menunggu kedatangan VIP, entah itu gubernur atau siapa saya lupa. Beliau kira-kira bicara seperti ini, "Oke oke 86". Spontan saya berfikir, ngomong apaan? 86 seperti acara komedi di stasiun televisi swasta.

Nah, hal itu saya jadikan inspirasi untuk berbagi tentang kode udara. Berikut kode radio komunikasi yang umum digunakan oleh kepolisian, rapi, atau orari.

Sandi Angka 1 :

10-1 Sulit didengar / penerimaan buruk
10-2 Didengar jelas / penerimaan baik
10-3 Berhenti mengudara / memancar
10-4 Benar / dimengerti
10-5 Ada pesan untuk disampaikan
10-6 Sedang sibuk kecuali ada berita penting
10-7 Mengalami kerusakan / tidak dapat mengudara
10-8 Tidak ada kerusakan // Dapat mengudara
10-9 Mohon diulangi
10-10 Penyampaian berita selesai
10-11 Berbicara terlalu cepat
10-12 Mengundurkan diri karena ada tamu
10-13 Laporan keadaan cuaca / jalanan
10-14 Informasi
10-15 Informasi sudah disampaikan
10-16 Mohon dijemput / diambil di . . .
10-17 Ada urusan penting
10-18 Sesuatu untuk kita
10-19 Bukan untuk Anda, harap kembali
10-20 Lokasi / posisi
10-21 Kontak / hubungan melalui telepon
10-22 Melapor langsung ke …
10-23 Menunggu / stand by
10-24 Selesai melaksanakan tugas
10-25 Dapatkah menghubungi / kontak dengan . .
10-26 Pesanan terakhir kurang diperhatikan
10-27 Pindah ke jalur / channel . .
10-28 Nama panggilan // call sign
10-29 Waktu hubungan / kontak habis
10-30 Tidak menaati peraturan
10-31 Antena yang digunakan
10-32 Laporan sinyal dan modulasi / radio check
10-33 Darurat / emergency
10-34 Butuh bantuan, ada kesulitan di stasiun ini
10-35 Informasi rahasia
10-36 Jam berapa waktu yang tepat ?
10-37 Perlu mobil derek di . . .
10-38 Perlu ambulans di . . .
10-39 Pesan sudah disampaikan
10-40 Perlu dokter
10-41 Mohon pindah ke jalur / channel . . .
10-42 Kecelakaan di . . .
10-43 Kemacetan lalu lintas di . . .
10-44 Ada pesan untuk Anda
10-45 Dalam jangkauan mohon melapor
10-46 Memerlukan montir
10-50 Mohon kosongkan jalur / channel
10-60 Apakah ada pesan selanjutnya ?
10-62 Tidak dimengerti, melalui telepon saja
10-63 Tugas / pekerjaan dilanjutkan di . . .
10-64 Pekerjaan telah selesai / bersih
10-65 Menunggu berita lanjutan
10-67 Semua unit setuju
10-69 Pesanan telah diterima
10-70 Kebakaran di . . .
10-71 Pesawat KRAP (RIG) yang dipakai
10-73 Kurangi kecepatan di . . .
10-74 Tidak / Negatif
10-75 Penyebab gangguan
10-76 Dalam perjalanan ke . . .
10-77 Belum / tidak menghubungi
10-81 Pesankan kamar di hotel . . .
10-82 Pesankan kamar untuk . . .
10-84 Nomor telepon
10-85 Alamat
10-89 Butuh montir radio
10-90 Gangguan pesawat televisi (TVI)
10-91 Bicara dekat mikropon
10-92 Pemancar perlu penyesuaian
10-93 Apakah frekuensi sudah tepat ?
10-94 Berbicara agak panjang
10-95 Mengudara dengan sinyal setiap 5 detik
10-97 Tes pada pemancar
10-99 Tugas selesai, semua orang selamat
10-100 Akan ke kamar mandi
10-200 Butuh bantuan polisi di . . .
10-300 Butuh pemadam kebakaran di . . .
10-400 Butuh petugas ketertiban umum di . . .
10-500 Butuh bantuan provost di . . .
10-600 Butuh bantuan garnizun di . . .
10-700 Butuh bantuan SAR . . .
10-800 Butuh bantuan perusaah listrik . . .



Sandi Angka 2 :

1-1 hubungi lewat telepon
1-2 menghadap pusat/posko
1-4 hubungi lewat HT
8-4 testing radio
8-1 komunikasi kurang jelas
8-2 komunikasi jelas/baik
3-3 kualitas suara jelek
4-4 kualitas suara baik
5-5 kualitas suara baik sekali
6-1 terjadi perampokan
6-2 terjadi pencurian
6-3 trjadi penganiayaan
6-5 terjadi kebakaran
6-7 terjadi demonstrasi
8-6 mengerti
8-7 berita disampaikan kepada…
8-1-0 Tidak mengudara/mati
8-1-1 mengudara/ standby
8-1-2 diulangi/kurang jelas
8-1-3 selamat bertugas
8-1-5 keadaan cuaca
8-1-6 waktu/jam
10-2 posisi dimana
10-8 tujuan/meluncur/menuju



Sandi Huruf :

Taruna : Berita
Gelombang : Jam/waktu
Semut : Pelajar
Lalat : Mahasiswa
Pangkalan : Rumah/kediaman
Cangkulan : Kantor/tempat kerja
Gajah : Derek
Komando : Kantor polisi
Tikar : Surat
Buntut tikus : Antena pendek (HT)
Belalai gajah : Antena atas
Laka : Kecelakaan
Jaya 65 : Kebakaran
Timor Kupang Pati : Tempat Kejadian Perkara
Timor Lombok Pati : Telepon
Timor Kupang Ambon : TerKendali Aman
Halong Timur : Handy Talky (HT)
Halong Pati : Hand Phone (HP)
Kupang Rembang : KendaRaan
Kupang Ambon : Kereta Api
Wilis Kendal : Walikota
Kendal Cepu : KeCamatan
Kendal Lombok : KeLurahan
Rembang Wilis : RW
Rembang Timur : RT
Rembang Rembang : Serse
Rembang Solo : Rumah Sakit
Rembang Pati : Rupiah
Anak Kijang : Pencuri/Tersangka
Ambon Demak : Angkatan Darat
Ambon Lombok : Angkatan Laut
Ambon Ungaran : Angkatan Udara
Pati Medan : Polisi Militer
Timor Medan : Tamu/Teman
Kresna : Presiden
Bima : Wakil Presiden
Timor Bandung I : Kapolri
Metro I : Kapolda
Timor I : Kapolres
Lombok-Lombok : Lalu Lintas
Timor Lombok : Lampu Lalu Lintas/Traffic Light
Senpi : Senjata Api
Sajam : Senjata Tajam
Curat : Pencurian Dengan Pemberatan
Curas : Pencurian Dengan Kekerasan
Curanmor : Pencurian Kendaraan Bermotor
Bandung Umar Solo : BUS
Medan-Medan : Metro Mini
Pati Demak Irian : Jam/Waktu
Solo Medan Pati : Pelajar
Solo Medan Ungaran : Mahasiswa
Solo Timur Medan : Rumah/Kediaman
Opak Kendal Jepara : Kantor/Tempat Kerja
Opak Pati Solo : Derek
Lombok Pati : Kantor Polisi
Lombok Irian : Surat
Lombok Demak : Antena Pendek (HT)
Bandung-Bandung : Barang Bukti
Bandung2 Padat : Makan
Bandung2 Medan : Bahan Bakar Minyak
Lampiran/Ambon : Istri
Monik : Anak
Solo Bandung : Stand By
Solo Garut : SiaGa
Medan Demak : Meninggal Dunia
Pati Ambon Medan : Pengamanan
Ambon Pati-Pati : Apel
Palang Hitam : Mobil Jenazah
Demak Pati Kendal : Dinas Pemadam Kebakaran



Jajaran Polsek :

Jajaran 1 : Kapolsek
Jajaran 2 : Wakapolsek
Jajaran 3 : Serse
Jajaran 4 : Sabhara
Jajaran 5 : Bimas/Babinkamtibmas
Jajaran 6 : Lantas/Lalu Lintas


Sepertinya kurang penting, namun semoga bermanfaat. Jika ada tambahan atau koreksi, saya persilakan.

Referensi :
Artikel terkait:

53 komentar:

  1. pertamax sob.. ane CLoud Strife's ..

    numpang nyimak & amankan !!

    BalasHapus
  2. Wah..Wah..Wah..
    Ugak pUyeng oPo Eo tUkang PoLisinE ngaPaLne kyOk ngUnu??
    Hehehe
    ^_^

    BalasHapus
  3. wahahah kocak sob.. polisinya itu kayak robot aja disuruh ngapalin bnyak gitu ^ ^..

    Mampir disini jg y sob, kalo ada teman pasti rame ^ ^, http://fantasiagame.blogspot.com/2011/03/pro-evolution-soccer-2011-download-full.html

    BalasHapus
  4. cara ngapalinnya gimana ya....apa nggak takut salah nyebutin kode...

    BalasHapus
  5. Waduh....otak saya rada pas2an buat ngapal. *gak bisa jd polisi brrti,hehe.

    BalasHapus
  6. @Bagas A. Fauzi : happy pertamax bro! ya makanya harus punya daya ingat tinggi.

    @MaPhia BlacK : hehee, puyeng banget mesti mbak.

    @assyafieq : wah, itu tekniknya sii polisi.

    @Ruzana Dhiauddin : semangat sob! pasti ada jalan lain yg lebih sukses.

    BalasHapus
  7. aduh ngelihatnya pusing apa lagi ngapalinnya.....
    tapi nggak buat tambah wawasan biar tahu bahasa prokemnya si polisi

    BalasHapus
  8. Have a nice day and also nice blog and visit back with $mile$ at
    http://adsense-adword-info.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Wa wa wa wa waduh, jangan kan ngapalin, bacanya aka udah puyeng he..he..
    ada2 aja ya yg buat kata sandinya, kasian kalo yg ga hafal ntar jadi miss communication :D

    BalasHapus
  10. Maf sob koreksi dikit untuk yang Sandi Angka 1 :, itu bukan sandi polisi tapi RAPI sob.. RADIO ANTAR PENDUDUK INDONESIA, tapi mantap sob jarang yang memikirkan hal ini..

    BalasHapus
  11. @Pengelana Jagat : hehee, sipp kawan, semoga bermanfaat.

    @Habib Ullah : thanks.

    @X-NET : betul bro, jadi harus betul-betul dihafalkan dan dimengerti.

    @Goesti : oh iya, maaf kawan, sudah saya perbaiki dan referensi baru, saya mencari artikel isinya sama, jadi saya ambil 1 referensi saja, ternyata setelah Anda koreksi dan saya search, kode ini tdk hanya dipakai kepolisian, maaf atas kesalahan saya kawan, sudah saya perbaiki.

    BalasHapus
  12. ada award kawan
    cek tkp ya http://www.aremabanjarmasin.com/2011/04/stylish-blogger-award-from-ora-iseng.html

    BalasHapus
  13. apa bisa hafal semua ya :D :D eheheheheeh.....

    http://komputer-fix.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. 8-6 he he
    wah makanya saya gak jadi polisi, banyak banget yang harus dihafalkan.

    BalasHapus
  15. @Muhammad Arif : thanks kawan ^^

    @Fix Komputer : hehee, itu tekniknya polisinya sob, hehee

    @Nyach MMS : 8-6, tidak cuma itu, bnyak juga yg lain, hehee.

    BalasHapus
  16. hehehe...mantab juga nich kalo bisa dilacak, bisa ketauan dimana ada razia dan bisa kabur...kwkkw

    BalasHapus
  17. bermanfaat gan
    kodenya aku copas boleh tidak ya

    BalasHapus
  18. @Pertolongan Pertama : ehehee, bisa aja, paling tidak kita bisa mengerti komunikasi mereka.

    @Obat Sakit 2011 : silakan kawan, saya izinkan, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  19. wah klw ini bener2 yang mau jadi polisi AU,, hhe

    BalasHapus
  20. @EX-DOT :

    hehee, polisi AU? (masa ada?) ini bukan buat polisi aja, rapi dan orari juga.

    BalasHapus
  21. baru tau saya trnyta banyak bgt terus gmn hapalinnya ya :D

    BalasHapus
  22. wah baru tahu nih kalau ada kode-kode yg beginian , hhehhehe

    BalasHapus
  23. @id-yansoft : hehehee, itu masih belum semua, banyak yg lain.

    @sichandra : masa? wah, ga pernah denger komunikasi polisi nih, hehee.

    @Hidup Penuh Warna : semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  24. waduh, pening ane hafalnya, ckckck

    baru tahu saya ternyata mereka mempunyai kode2 tersendiri :)

    thanks :)

    BalasHapus
  25. sekedar tambahan gan, kode alphabet belum ada seperti alpha = A, bravo = B dan seterusnya, ini juga dipakai oleh kepolisian, orari dan rapi, sukses selalu buat ladida, salam blogger

    BalasHapus
  26. @Daris Firzan : semoga bermanfaat ya kawan.

    @andreas : ouh, iya makasii infonya, tp jika saya tambahkan kasihan para pembacanya , hehee.

    BalasHapus
  27. wah info bagus, gimana ngapalin kodenya ya hehehe

    BalasHapus
  28. suatu kode yang sangat jarang diketahui oleh orang awam seperti aku mas.
    Kodenya sangat banyak hingga sulit untuk dihafal.
    Ngrepek ae sisan.

    jujur aku baru mengetahui hal ini mas.
    Mudah-mudahan sharing yang bagus ini berguna untuk orang lain yang membutuhkan.
    Sukses selalu kawand

    BalasHapus
  29. wah saya baru tahu nih sob kalau polisi punya kode udara juga,,, heheheh

    BalasHapus
  30. Menarik juga ya, nanti bisa praktik sama temen..he..he.. tapi, banyak juga ya.....
    ngehapalnya itu lho...he..he....

    BalasHapus
  31. Selamat Pagi,,MOHON DITERIMA AWARD DARI SAYA,,SILAHKAN DI CEK

    BalasHapus
  32. Waduhhh..! Susah juga jadi polisi udara. Mana harus ngapalin kode sabenyak itu lagi.... -_- Berapa bulan tuh hapalnya...? ^^

    BalasHapus
  33. yg punya blog gak ada penghargaan tuk yg buat template.. pake ngaku2 ni template bikinan sendiri.. hadeeehhhh...
    cape deh....

    ni demo dari template agan sblm di donlot.. wkwkwkwkwkw

    CAPE DEHHH !!!!

    BalasHapus
  34. biar kayak norman...
    :D
    -----------------------------------------------------------------------------
    Nih, bagi kalian yang jengkel gara2 SMS aneh dan cuman Misscall.
    http://artinyakehidupan.blogspot.com/2011/04/cara-mengirimkan-sms-bomber.html

    BalasHapus
  35. Wah, susah juga ya jadi polisi, masa harus dihapalin segitu? Kalo bang Briptu Norman sih kayanya jago ngapalin lagu India. Iya ga?

    BalasHapus
  36. wah,, banyak banget kode2nya? jadi bingung,, wkwkwkw,,,,

    BalasHapus
  37. wachhhhh,,mantafssssss, brader
    86 yach..hehehe

    BalasHapus
  38. harus hafal y? waduh kasian pak polisi :D

    BalasHapus
  39. wkwkwkwk.. lalat=mahasiswa.. :D :D

    btw,, berkunjung nke saya untuk menerima award sobat..:)

    BalasHapus
  40. baru Tau Q kalo 8-6 itu artinya mengerti,,, :D

    BalasHapus
  41. Huaaa hahahaha,....
    banyak yang ngaco tuh arti nya,

    BalasHapus
  42. sandinya banyak juga ya yg mau dihapal :(

    BalasHapus
  43. buset deh..
    paan lagi tu bro..
    bikin mata pedes aja..
    hahahaha..

    BalasHapus
  44. ehh iaa lupa, ayo gan ikut kontes seo ini..
    hadiah lumayan lho..
    buruan..

    BalasHapus
  45. buset, baru tau mahasiswa = lalat.haha

    BalasHapus
  46. Thank bro atas tarunanya 86..10-2...gile gak puyeng itu polisi

    BalasHapus
  47. koreksi gan...........
    yang disebutkan diatas adalah ten code (kode sepuluh) yang biasa digunakan untuk Komunikasi Radio Antar Penduduk (KRAP)atau Citizent Band. Kalau untuk jajaran kepolisian atau militer tidak demikian. Sementara untuk ORARI menggunakan kode "Q" untuk komunikasi.

    BalasHapus
  48. Yg jelas semua itu pasti diciptakan demi tercapainya ketertiban dlm berkomunikasi menggunakan jalur udara yg bisa dimengerti semua pemakainya. Mudah mudahan maksudnya begitu.

    BalasHapus